Home » , » Tips Memperbaiki Keramik Lantai

Tips Memperbaiki Keramik Lantai

Written By Unknown on Tuesday, July 16, 2013 | 3:07 PM

(seputar-ilmubangunan). Pemasangan keramik tempat tinggal biasa dikerjakan dengan manual yakni dengan kegiatan tangan manusia ( tukang keramik ). Pemasangan keramik ini baiknya rapi serta padat, namun ada juga pasangan keramik yang tidak prima, layaknya kopong, yang dapat berlangsung di bagian tepi keramik atau sisi sedang keramik.

Untuk tahu keramik lantai kopong atau tidak, langkahnya dengan ketuk permukaan keramik tersebut dengan jari tangan, bunyi yang nampak umumnya agak tidak sama dengan keramik yang lain. Pada waktu diketuk, bunyi yang dihasilkan lebih nyaring, dikarenakan susunan spesi di bawah keramik tersebut kosong.

Jika kita kita alami perihal tersebut, kita bisa memperbaikinya dengan langkah tersebut :

A. Menangani keramik lantai yang kopong di bagian tepi

1. Kerok serta buang nat ( dempul ) keramik lama gunakan sekrap, hingga kedalaman basic keramik, upayakan sebersih barangkali serta selebar barangkali.

2. Bikin adukan nat ( dempul ) yang baru untuk pendempulan kembali. Adukan dibikin encer hingga kedepannya dapat disiramkan serta meresap ke bekas bongkaran nat ( dempul ) keramik tadi.

3. Siram serta tuangkan adukan nat ( dempul ) yang encer tadi ke bekas bongkaran nat sebanyak-banyaknya, hingga betul-betul meresap serta terisi penuh, tusuk adukan tersebut dengan sekrap supaya betul-betul padat serta tak ada rongga lagi.

4. Sesudah penuh, biarlah hingga bahan pengisi nat ( dempul ) tersebut jadi kering.

5. Sesudah kering, bersihkan sisa bahan pengisi nat ( dempul ) tersebut dari permukaan keramik.

B. Menangani keramik lantai yang kopong di bagian tengah

Jika kopong berlangsung di bagian sedang keramik, langkah memperbaikinya yakni dengan langkah membongkar keramik tersebut serta ganti dengan keramik baru dengan langkah pemasangan yang baik serta padat.

Langkahnya yaitu seperti berikut :

1. Bongkar keramik lantai yang kopong. Baiknya pakai mesin gerinda dengan mata potong keramik untuk memotong keliling keramik yang akan dibongkar tersebut sebelum saat lakukan pembongkaran, supaya pembongkaran terkonsentrasi pada 1 keping keramik itu saja, serta tidak merembet pada keramik di sebelahnya.

2. Bersihkan sisa bongkaran, buang serta bersihkan juga adukan mortar pasangan keramik lantai lama tersebut supaya dapat dikerjakan pemasangan keramik lantai yang baru.

3. Kerjakan pemasangan keramik lantai yang baru dengan baik serta padat.

Langkah pemasangan yang baik yakni :

A. Rendam keramik baru yang akan dipasang terlebih dulu, hingga jemu air.
B. Bikin adonan campuran semen serta air layaknya berupa pasta.
C. Berikan pasta tersebut pada permukaan belakang keramik baru tersebut.
D. Bikin mortar ( semen serta pasir ) dengan perbandingan 1 :4 atau 1 :3, tuangkan serta ratakan pada tempat yang akan dipasang keramik baru tersebut.
E. Kerjakan pemasangan keramik baru tersebut dengan baik serta padat, ketuk dengan palu spesial keramik supaya padat.
F. Janganlah segera lakukan pendempulan ( pengisian nat keramik ), biarlah 1 atau 2 hari supaya sisa hawa dari sistem reaksi panas semen mortar keluar melewati sela-sela nat keramik tersebut. Sesudah itu berlangsung baru kita lakukan pemdempulan ( pengisian nat keramik ).

Demikianlah tips perbaikan keramik kopong ini, semoga bermanfaat.
Share this article :


 
Copyright © 2013. ilmu bangunan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger