Home » , » Tips Mengoptimalisasi dekorasi pada jendela

Tips Mengoptimalisasi dekorasi pada jendela

Written By Unknown on Tuesday, July 16, 2013 | 10:37 AM

(seputar-ilmubangunan). Jendela mengahadap barat atau timur bisa memasukkan sinar ke dalam tempat tinggal dengan jumlah yang cukup / berlebih. Sebab itu, area yang berdekatan dengan jendela ini lantas lebih panas dari area yang lain. Walau demikian, ada langkah / cara-cara untuk meredam tingkat terang serta radiasi panas matahari itu dengan menambahkan elemen dekoratif pada jendela.

Elemen Dekoratif Jendela

Arsitek, Primaningtyas K. C. Menyebutkan bahwa sinar matahari yang ideal semestinya masuk melewati arah utara serta selatan. Pasalnya, sinar dari arah ini tidak terlampau panas. Arah timur serta barat, tuturnya, sering dihindari dikarenakan memasukkan semakin banyak sinar matahari, hingga bikin ruangan lebih panas.

Bila saja mesti bikin jendela pada area yang menghadap timur atau barat, itu bukan berarti bermakna bencana. Primaningtyas menyebutkan sinar matahari yang masuk dapat diminimalisasi dengan gunakan window shade atau kisi-kisi. Apalagi window shade ini dapat menimbulkan bayangan cantik. Bayangan yang ditimbulkannya dapat jatuh ke lantai, dinding, atau langit-langit, bergantung dari arah datang cahayanya.

Pada konsidi spesifik, bayangan benda disebabkan tersorot sinar mungkin saja elemen dekoratif. Bayangan sesuatu benda dapat membentuk garis gelap terang. Pada jendela berkisi-kisi, wujud bayangannya bergantung bagaimana kisi-kisinya. Bila kisi-kisi berupa garis-garis horizontal, maka bayangan yang dapat nampak ya berupa garis-garis horisontal. Demikian juga dengan garis-garis vertikal. Permainan bayangan juga ada dari rapat tidaknya jarak pada satu garis dengan garis yang lain, pada kisi-kisi.


Kreatifitas didalam design pada kisi-kisi bisa membentuk bermacam type bayangan. Pola bulat atau kotak, dapat diterapkan. Bayangan yang dihasilkan dapat lebih menarik dari pada sebatas garis-garis. Lebih seru lagi, dikarenakan elemen dekoratif yang satu ini tidak nampak setiap waktu. Primaningtyas menyebutkan, jendela yang menghadap timur, dapat membuahkan dampak bayangan saat pagi hari. Namun jendela yang menghadap barat, dapat menyebabkan bayangan pada sore hari. Kemunculannya yang perlu ditunggu ini membuatnya makin menarik.

Pembuatan bayangan ini amat bergantung pada posisi jendela serta derajat jatuhnya sinar, tutur Primaningtyas. Itu penyebab, untuk membuatnya mesti direncanakan sejak awal pembangunan tempat tinggal atau waktu dapat merenovasi tempat tinggal.

Tertarik membuatnya ?
source : http://www.ideaonline.co.id
Share this article :


 
Copyright © 2013. ilmu bangunan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger